Laporan Akhir Jurnal 2020 Tanggal Laporan : 01/12/2020
Komponen Informasi Detail
Lokasi Kegiatan

Bekasi

Kelompok Output Layanan Dukungan Manajemen
Output Kegiatan

Dokumen Penerbitan Jurnal Irigasi

Komponen Output
Tim Pelaksana

Ketua Tim : Dewi Arifianty Agustina, SP
Sekretaris : Santi Lestari, S.Sos, M.Ak
Pelaksana : Hanhan A. Sofiyuddin, STP, M.Agr
Segel Ginting, S.Si, MPSDA
Dadan Rahmandani, ST., MPSDA
Fauzan M. Ilmi, ST.

Deskripsi Kegiatan

Berdasarkan Permen PUPR Nomor 16 Tahun 2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pasal 56, maka pada Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan kegiatan Penerbitan Jurnal Irigasi melalui Satuan Kerja Balai Litbang Irigasi.
Penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang ke-Irigasi-an memerlukan sarana komunikasi dalam bentuk media yang diterbitkan secara berkala. Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang berdampak pula pada pengelolaan dan penerbitan berkala ilmiah yang semula tercetak dengan proses cukup lama, kini menjadi lebih cepat dengan proses elektronik yang meliputi, pengiriman dan penyuntingan, penelaahan dan penerbitan naskah ilmiah dilaksanakan dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan terbitan berkala ilmiah elektronik (e-journal). Tahun 2018 terbitan berkala Jurnal Irigasi terbit dalam format daring (e-journal) dan tercetak serta sudah mendapatkan reakreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, namun masih ada beberapa kendala dalam menjaring naskah sehingga mengalami keterlambatan dalam penerbitan. Tahun 2020 diharapkan Jurnal Irigasi sudah bisa menerapkan e-journal dengan penerbitan yang dilaksanakan sesuai jadwal.
Berdasarkan latar belakang tersebut diperlukan suatu program kegiatan Penerbitan Jurnal Irigasi yang baik agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam mendukung terselenggaranya sarana dan prasarana ke-PU-an terutama dalam mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan.

Lampiran File https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/LAPORAN-AKHIR-JURNAL-2020.pdf
https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/OUTPUT-JURNAL-2020.pdf