Teknologi

Irigasi Mikro untuk Pulau - Pulau Kecil

Balai Teknik Irigasi > TEKNOLOGI > Teknologi > Irigasi Mikro untuk Pulau – Pulau Kecil

Irigasi Mikro untuk Pulau – Pulau Kecil

Irigasi mikro merupakan metode irigasi yang paling hemat air saat ini, khususnya apabila diterapkan pada lahan kering. Dengan pemberian jumlah air yang tepat sesuai dengan kebutuhan optimal tanaman, pada saat yang paling jitu dan benar-benar berada pada tempat dimana akar tanaman tumbuh. Keunggulannya sudah terbukti sehingga telah diterapkan di negara maju, khususnya untuk pengembangan tanaman sayuran dan buah-buahan (hortikultura).

Penerapan teknologi irigasi hemat air ini bertujuan untuk menerapkan hasil penelitian mengenai irigasi hemat air berupa jaringan irigasi mikro yang telah dikembangkan oleh Balai Litbang Irigasi. Melalui penerapan ini diharapkan mampu memberikan sebuah solusi pengembangan irigasi di lahan kering terutama di pulau kecil dan mampu mengoptimalkan jaringan irigasi air tanah (JIAT) yang telah dibangun serta mendorong peningkatan produktivitas lahan guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Lokasi untuk kegiatan Penerapan Teknologi Irigasi Hemat Air berada di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku , penerapan teknologi ini dilaksanakan pada tahun 2018.

Leave a Reply