(021) 8801345
Senin - Jumat: 8.00 - 17:00
Jl. Cut Meutia, Kotak Pos 147 Bekasi, Jawa Barat 17113
Teknologi

Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) terintegerasi sistem irigasi tetes

Balai Teknik Irigasi > TEKNOLOGI > Teknologi > Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) terintegerasi sistem irigasi tetes

Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) terintegerasi sistem irigasi tetes

Pengembangan teknologi Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT)  diperlukan sebagai salah satu upaya dalam mendukung pencapaian mencukupi kebutuhan air baku serta kedaulatan pangan. Irigasi tetes merupakan metode irigasi yang paling hemat air saat ini, khususnya apabila diterapkan pada lahan kering. Dengan pemberian jumlah air yang tepat sesuai dengan kebutuhan optimal tanaman, pada saat yang paling jitu dan benar-benar berada pada tempat dimana akar tanaman tumbuh.

Penerapan teknologi jaringan irigasi air tanah (JIAT) irigasi tetes ini bertujuan untuk menerapkan hasil penelitian mengenai irigasi hemat air berupa jaringan irigasi tetes yang telah dikembangkan oleh Balai Litbang Irigasi. Melalui penerapan ini diharapkan mampu memberikan sebuah solusi pengembangan irigasi di lahan kering dan mampu mengoptimalkan jaringan irigasi air tanah (JIAT) yang telah dibangun serta mendorong peningkatan produktivitas lahan guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Lokasi untuk kegiatan Penerapan Teknologi Irigasi Hemat Air berada di Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat , penerapan teknologi ini dilaksanakan pada tahun 2017.

Leave a Reply