(021) 8801345
Senin - Jumat: 8.00 - 17:00
Jl. Cut Meutia, Kotak Pos 147 Bekasi, Jawa Barat 17113
Teknologi

Lining Saluran Irigasi Modular

Balai Teknik Irigasi > TEKNOLOGI > Teknologi > Lining Saluran Irigasi Modular

Lining Saluran Irigasi Modular

Penurunan kondisi dan fungsi lining saluran umumnya mengakibatkan kebocoran dan kelongsoran tanggul saluran.  Hal ini dapat disebabkan karena umur bangunan, bencana atau kualitas bahan yang kurang baik saat konstruksi. Tindakan rehabilitasi pun umumnya terkendala karena keseragaman kualitas bahan yang sulit dikontrol dan kebutuhan pengerjaan yang relatif lama. Hal ini dapat dihindari salah satunya dengan menggunakan saluran irigasi modular.

Saluran irigasi modular dibuat menggunakan beton pracetak yang dibentuk sebagai modul-modul yang menyusun satu penampang penuh saluran. Jenis modul meliputi modul sudut (A), lantai/dinding (B), sabuk atas (C), dan pondasi (D). Penampang saluran yang memiliki dimensi berbeda dapat dibangun dengan menambah atau mengurangi jumlah modul B. Desain masing-masing komponen modular dibuat tidak hanya dengan mempertimbangkan kriteria teknis namun juga mudah diterapkan oleh P3A dengan menggunakan alat sederhana.

Berdasarkan hasil uji coba, saluran irigasi modular memiliki keunggulan dibandingkan lining pasangan batu kali dalam hal sebagai berikut:

  • Kualitas bahan baik dan seragam
  • Dapat dikerjakan oleh P3A menggunakan peralatan yang sederhana
  • Efisiensi penyaluran tinggi
  • Waktu pengerjaan relatif cepat
  • Life cycle cost lebih rendah

Penerapan teknologi saluran irigasi modular dilakukan di 2 lokasi di Provinsi Banten DI Kedungenep, Serang Banten dan DI Cimajau, Pandeglang, Banten pada Tahun 2017

Leave a Reply