Teknologi

Penerapan Sistem Pengelolaan Sumber Daya Air Pintar (Smart Water Management System)

Balai Teknik Irigasi > TEKNOLOGI > Teknologi > Penerapan Sistem Pengelolaan Sumber Daya Air Pintar (Smart Water Management System)

Penerapan Sistem Pengelolaan Sumber Daya Air Pintar (Smart Water Management System)

Seperti diketahui bahwa di Sub DAS Cisangkuy terdapat waduk, PLTA, Intake Air Bersih dan daerah irigasi. Banyaknya infrastruktur dan bangunan air lainnya di sub DAS Cisangkuy ini memerlukan pengelolaan sumber daya air terpadu yang efektif dan efisien sehingga semua dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu Penerapan Sistem Pengelolaan Sumber Daya Air Pintar (Smart Water Management System, SWMS) dilakukan agar pengelolaan sumber daya air terpadu yang ada dapat lebih optimal sehingga potensi sumber daya air dapat lebih maksimal.

Penerapan SWMS menggabungkan fungsi pengertian (sense) dan kendali (control) untuk menggambarkan dan menganalisis keseimbangan air optimal di DAS Cisangkuy, dan memberikan keputusan pengelolaan sumber daya air berdasarkan ketersediaan data dalam metode prediktif atau adaptif, sehingga melakukan tindakan secara pintar.

Konsep pintar disini merupakan pengembangan dan pengoperasian model sistema pengelolaan air secara terpadu atau terintegrasi, efektif dan efisien dengan ditunjang oleh sistema penyiapan data secara tepat waktu atau real time sehingga penyediaan air dan pengoperasian sistema infrastruktur yang ada di Sub DAS Cisangkuy dapat dilakukan secara optimal.

Leave a Reply