Teknologi

Sistem Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOPI)

Balai Teknik Irigasi > TEKNOLOGI > Teknologi > Sistem Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOPI)

Sistem Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOPI)

Upaya pencapaian kondisi ketahanan pangan, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kesediaan air. Secara nasional ketersediaan air irigasi saat ini dipenuhi terutama dari aliran permukaan yang dipergunakan untuk mengairi sawah. Disamping adanya potensi ketersediaan air untuk irigasi juga terdapat ancaman keberlanjutan sistem irigasi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah penurunan mutu sumber daya air akibat jaringan irigasi yang telah habis umur teknisnya.

Tuntutan terhadap kinerja irigasi yang lebih baik mendorong pemerintah untuk melaksanakan pengelolaan irigasi dengan konsep irigasi modern. Irigasi modern merupakan sistem pengelolaan irigasi yang dilaksanakan secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Pada tahun 2012, Balai Litbang Irigasi di bawah pengawasan Puslitbang Sumber Daya Air mulai mengembangkan aplikasi Sistem Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOPI) sebagai wujud dari pengelolaan irigasi modern. Buku SMOPI dalam menjawab tantangan pengelolaan irigasi dibuat dalam rangka mewujudkan sistem pengelolaan irigasi partisipatif. Orientasi SMOPI bertujuan untuk pemenuhan tingkat layanan irigasi secara efektif, efisien dan berkelanjutan dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air.

Leave a Reply